Kuliah Sambil Kerja? No Problem!!

Kuliah sambil kerja itu bisa gak sih?
Kuliah Sambil Kerja? No Problem!!
Kuliah sambil kerja
Pertanyaan sederhana, yang ada bagi seorang mahasiswa, atau calon mahasiswa. Sederhana, tapi perlu jawaban yang rumit (mungkin). Sayapun ketika duduk di bangku SMK, menjawab pertanyaan sederhana tersebut dengan kalimat seperti ini  : "Tidak bisa, pasti akan ada salah satu yang kalah, entah kerjanya, atau kuliahnya, harus ada yang diprioritaskan". Namun jawaban saya ternyata tidak tepat.



Mengapa? Karena banyak faktor yang bisa dan sangat memungkinkan agar kedua hal tersebut menjadi satu kesatuan yang saling mendukung. 

Saat ini, saya sedang berada di masa peralihan dari Semester 1 ke Semester 2 perkuliahan. Sibuknya perkuliahan di Semester 2 sudah menunggu. Namun saya masih berangan-angan untuk tetap berprinsip "Kuliah sambil kerja, Why Not?". 

Kuliah berbeda dengan sekolah saat SMA. Di perkuliahan semuanya serba mandiri, beruntunglah kalau anda sudah terbiasa mandiri sejak kecil. Karena terbiasa mandiri tersebut, diterapkan juga saat kuliah. Meskipun tidak banyak mahasiswa yang masih malas, belum bisa mandiri secara total, atau bisa disebut dengan mengandalkan teman.

Termasuk dengan mencari uang saku tambahan. Tidak ada yang bisa menghalangi aktifitas yang satu ini. Ketika kuliah tugas dari dosen menjadi rutinitas yang tidak bisa kita tolak sebagai kewajiban mahasiswa. Akhirnya menjadi jenuh dan bosan. Untuk mengatasinya bisa jadi dengan bekerja. Bekerja ketika kuliah menurut saya jangan yang terlalu berat, hanya sekedar penghilang rasa bosan, dan agar perkuliahan tidak monoton.

Seperti halnya menyalurkan hobi, kerja ketika kuliah tidak bisa kita anggap sebagai pekerjaan utama. Karena kita juga harus ingat bahwa tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar dan belajar. Belajar membagi waktu dengan baik juga diperlukan dalam konteks ini. Jangan sampai ketika kita harus belajar untuk kuliah, malah menghabiskan waktu untuk bekerja.

Intinya tidak masalah ketika kita memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Yang terpenting adalah pekerjaan yang kita ambil tidak memakan waktu terlalu banyak, agar waktu untuk kuliah tidak terpotong untuk bekerja.


Demikian artikel tentang Kuliah Sambil Bekerja.
Semoga Bermanfaat!



[Hendry Sulistyo]
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kuliah Sambil Kerja? No Problem!! "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top