Ceritaku Ketika POSMA di STMM "MMTC" Yogyakarta tahun 2014!

Pekan Orientasi Mahasiswa  (POSMA) atau pada umumnya lebih dikenal dengan OSPEK adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang lingkungan kampus Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, baik dari segi ruangan-ruangan yang ada maupun dari segi birokrasi di dalamnya.

Perkenalkanlah nama saya Hendri Sulistyo, mahasiswa angkatan 13 di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta yang mengambil Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi). Saya tertarik membuat tulisan tentang POSMA ini karena saya merasa heran atau lebih tepatnya saya kagum terhadap pelaksanaan kegiatan POSMA tahun 2014 ini.

POSMA tahun 2014 ini berlangsung selama 4 hari di lingkungan Kampus Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta dan dilengkapi Malam Keakraban pada hari ke 5. Diawali dengan Technical Meeting pada hari Jum’at, 22 Agustus 2014. Dalam technical meeting ini disampaikan apa saja yang perlu dibawa pada hari pertama POSMA (Senin, 25 Agustus 2014). Setelah technical meeting selesai, dilanjutkan dengan pengambilan foto untuk kartu mahasiswa.

Pelaksanaan POSMA berjalan 4 hari, mulai dari hari Senin-Kamis tanggal 25-28 Agustus 2014. “Get Your Passion!!!” menjadi tagline kegiatan ini. Dengan maksud bahwa ini merupakan cita-cita calon mahasiswa ketika pertama kali masuk STMM Yogyakarta dan dengan harapan cita-cita itu akan dicapai setelah lulus nanti.

Bagi saya, secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Penjadwalan masing-masing sessionpun tersusun dengan sangat sistematis. Saya memperhatikan keseluruhan kegiatan selama empat hari ini ada peningkatan dari semua bidangnya. Misalnya saja materi-materi yang disampaikan. Pada hari pertama hanya berupa materi-materi yang bersifat pengenalan saja. Kemudian d hari berikutnya berupa materi yang bervariatif.

Pelatihan kedisiplinan juga diterapkan dengan tegas pada kegiatan ini. Menurut saya itu bukan sebagai “Penggojlogan” dari senior terhadap juniornya, akan tetapi lebih sebagai pelatihan yang akan bermanfaat kedepannya. Dalam waktu dekat akan kuliah, butuh kedisiplinan. Apalagi ketika sudah di dunia kerja. Dalam dunia kerja penyiaran, kedisiplinan sangatlah penting. Karena, terlambat satu menitpun akan berpengaruh pada aspek-aspek yang lainnya.

Ada hal yang menurut saya itu lucu dalam kegiatan semacam ini. Pagi-pagi sekali kita sudah sampai di kampus, dengan berbagai kelengkapannya. Misalnya saja kita sudah memasuki hari ketiga. Tenaga pasti sudah mulai melemah, berbeda dengan ketika hari pertama, tenaga pasti masih kuat dan semangatnya masih membara. Ketika hari ketiga ditanya oleh panitia bagian tata tertib “tatib” :  “Kalian Capek nggak????!!!!”.... dalam kenyataannya, capek itu sudah pasti iya. Tapi dalam kegiatan seperti ini, kenapa jawaban yang tidak jujur malah menjadi jawaban yang diterima panitia. Ketika menjawab jujur, malah mendapatkan hukuman. Aneh?? Mungkin iya. Seperti itulah keadaannya yang menurut saya “lucu”. Sama halnya ketika saya menghadapi keadaan serupa, bedanya terjadi saat malam hari. Senior bertanya “Kalian dingin nggak????”, keadaan yang terjadi sebenarnya adalah suhu di lingkungan tersebut dingin, namu dari peserta menjawab “Tidaaaakkk,,,,”. Akhirnya dari senior menambahkan lagi dengan “Kulit apa kalian????kayak gini nggak dingin...kulit Badak yaa???!!!”. Tapi ketika mereka menjawab dengan “Dingin kak,,,”. Yang ada mereka malah kena hukuman Push Up sekian kali, dengan tujuan menghangatkan badan dari dinginnya suhu lingkungan. Boleh dibilang dalam keadaan atau kondisi seperti ini adalah peserta kegiatan itu selalu salah.

Kembali pada topik POSMA 2014. Saya memperhatikan pada panitia kegiatan yang luar biasa. Hebat juga tentunya. Mengapa demikian? Karena tidak jauh dengan penjadwalan yang disusun rapi, ada sosok-sosok hebat di balik itu. Panitia yang terbagi menjadi beberapa divisi tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan divisinya masing-masing. Misalnya saja bagian dokumentasi dan bagian P3K. Mereka hanya disibukkan dengan divisi  mereka saja. Itu juga berlaku pada divisi-divisi yang lain pada panitia POSMA ini.

Empat hari dihabiskan dengan POSMA yang sangat melelahkan. Tapi secara keseluruhan kegiatan ini menyenangkan, karena dari setiap kegiatan pasti ada maksud dan tujuannya masing-masing. Bukan juga sebagai media “Balas Dendam” dari senior ke junior. Kegiatan POSMA selesai, dan dilanjutkan kegiatan malam keakraban pada hari berikutnya. Saya baru memahami dan mendapatkan “Malam Keakraban” yang sesungguhnya ya baru ada di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta ini.

Beberapa poin yang dapat saya ambil menjadi hikmah dari kegiatan ini adalah:


  1. Kebersamaan

    Karena kita dibuat kelompok yang terdiri dari kelas acak, maka mau tidak mau kita harus mau untuk menerima keadaan teman-teman baru kita. Ada yang berbeda asal kota, atau bisa dikatakan berbeda semuanya. Dari situ kita dituntut untuk bersama selama kegiatan berlangsung. Akhirnya seiring berjalannya waktu, kita semakin kenal dan paham sifat dan karakter masing-masing orang.

  2. Kedisiplinan

    Dari hari pertama sampai hari keempat, semuanya ditentukan jam kumpulnya. Dari sesi ke sesi yang lainnyapun dituntut untuk disiplin. Sekali lagi, ini sebagai pelatihan ke masing-masing peserta agar kedepannya selalu disiplin dalam menjalankan apapun.

  3. Kekompakan

    Tidak berbeda jauh dengan poin yang pertama, karena selalu bersama-sama selama empat hari. Dituntut dengan membuat lagu khas dari kelompok, kekompakanpun menjadi hal yang sangat diutamakan dalam kelompok kegiatan POSMA ini.

  4. Time Manage (manajemen waktu)

    Kenapa manajemen waktu? Karena hubungannya dengan kedisiplinan, setiap waktu ada jadwal yang harus dilaksanakan. Untuk itu kita harus pintar mengatur kegiatan apa saja yang bisa lakukan ketika tidak ada jadwal. Misalnya saja ketika sudah sampai di kos, apakah langsung tidur nyenyak?. Pasti jawabannya tidak, karena kita masih harus menyiapkan apa saja yang harus dilaksanakan besok pagi, harus meyalakan alarm agar tdak bangun kesiangan dan sebagainya.

  5. Conflic Manage (manajemen konflik)

    Ketika sampai di kampus pagi hari, akan disambut dengan pengecekan kelengkapan dan pakaian yang dipakai. Pasti ada saja yang salah, karena daripihak tata tertib seolah mencari kesalahan dari peserta kegiatan. Dari situ kita akan berlatih untuk menyampaikan alasan-alasan yang logis atau masuk akal. Bukan beralasan yang asal-asalan.
  6. Panitia

    Panitia kegiatan yang luar biasa. Membuat saya terkagum-kagum. Karena mungkin dalam perkuliahan diajarkan hal itu. Semacam produksi dari panitia. Bisa dikatakan kegiatan ini sebagai “ACARA TV” dan panitianya sebagai “CREW” di acara tersebut.






Pekan Orientasi Mahasiswa (POSMA) Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta tahun 2014
Posma MMTC 2014
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ceritaku Ketika POSMA di STMM "MMTC" Yogyakarta tahun 2014!"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top