Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam

Jawa Tengah, sesuai dengan namanya provinsi ini terletak di tengah-tengahnya Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. 
Taukah anda bahwa Jawa Tengah menyimpan beragam wisata dan cagar budaya di dalamnya. Wisata, mulai dari wisata air berupa pantai, pegunungan, goa. Atau tempat wisata berupa cagar budaya. Semuanya ada di Jawa Tengah. 

Ketika anda datang dari arah barat, dan berjalan melalui jalur selatan. Sempatkan untuk menikmati indahnya Pantai Ayah (Pantai Logending), tepanya 8 km selatan Gua Jatijajar, atau 53 km dari kota Kabupaten Kebumen, tepatnya di Desa/Kecamatan Ayah, merupakan obyek wisata pantai yang memiliki keindahan alam sangat menawan. 



Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Pantai Ayah



















Beranjak dari pantai ayah. Berjalan ke arah Banarnegara, anda akan disambut oleh Wisata Air.
 Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam Pantai Ayah
Surya Yudha Park
Yaitu Surya Yudha Park. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda dan keluarga untuk menikmati beragam permainan air. Dan yang menjadi andalan adalah simulasi tsunami di kolam Surya Yudha Park.
Di bagian depan, tepatnya di dekat tempat parkir ada tempat yang disediakan untuk berfoto dengan beberapa miniatur patung, misalnya Patung Liberty dan Merlion.





Terletak di kota yang berdekatan dengan Banjarnegara.... Ada Wisata Dieng. Yak, tepat sekali, berada di Wonosobo. Sebetulnya, Dieng ini juga masih masuk wilayah Banjarnegara. Terletak di sebelah barat dua gunung yaitu Sindoro dan Sumbing. Dieng mempunyai beragam pilihan wisata, misalnya pemandangan, tempat camping di Sikunir dan beberapa bukit lainnya, dan yang  menjadi ciri khas Dieng adalah beragam kawahnya. Taukah anda tentang Telaga Warna? telaga warna juga menjadi ciri khas kawasan wisata ini. Selain itu, terdapat juga Kompleks Candi Arjuna
Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Dieng

Namun yang banyak dikenal oleh para pencari Sunrise. Belum lengkap ketika belum mampir ke Sikunir. Sering dikenal dengan SIKUNIR Golden Sunrise, yang konon katanya menjadi Sunrise terbaik di Asia. (Saya belum tau benar atau tidaknya.. hehe)
Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Sikunir Golden Surise








Setelah dari Wonosobo. Akan saya ajak pembaca untuk jalan-jalan ke kota kelahiran saya. Kota yang terletak di tengah-tengahnya Pulau Jawa. Manakah itu?
Ya.. Benar sekali, Temanggung. Memang sih beberapa orang luar kota tidak jarang yang menanyakan Temanggung itu mana? Jawa timur ya? Duh.. Sakit rasanya ketika banyak orang yang belum mengetahui tentang Temanggung. 
Ketika anda berjalan dari Wonosobo melalui jalur selatan Gunung Sindoro, anda akan disambut indahnya Pesona Kledung Pass. Anda akan melihat pemandangan dua gunung yang ketinggiannya hampir sama. 

Selain terkenal dengan tradisi pendakiannya, Di kaki Sindoro juga terdapat wisata yang termasuk baru yaitu Wisata Alam Posong. Namun sebelum beranjak ke dataran tinggi posong, sempatkanlah untuk mampir ke wisata air buatan, yang dikenal dengan Embung Kledung. Selain memberikan pemandangan yang indah, dari tempat ini juga kita akan mendapatkan pelajaran bahwa betapa pentingnya air untuk kehidupan kita.
Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Sindoro dari Desa Bansari

Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Sindoro dari Jalur Pendakian  Gn Sumbing

Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Gunung Sumbing

Temanggung memiliki peninggalan sejarah beberapa situs/candi, misalnya Candi Pringapus. Namun, belum lama ini ada penemuan situs/candi baru yang sampai saat ini masih dalam proses penggalian. Situs/candi tersebut sekarang dikenal dengan Situs/Candi Liyangan, menurut warga sekitar, belum ada yang tau sejarah keberadaan situs liyangan tersebut.
Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam
Situs Liyangan
Di sisi lain, taukah anda tentang Jembatan Progo Kranggan di Temanggung?. Jembatan Ptogo Kranggan dengan sejuta sejarah dan misterinya, sempat masuk program televisi juga yang dibawakan artis asal Semarang Tukul Arwana. Konon katanya, jembatan kranggan ketika masa penjajahan adalah tempat pembuangan mayat hasil pembantaian penjajah kala itu. Namun sekarang, di dekat jembatan kranggan yang dulunya adalah pasar sapi, sudah diubah menjadi taman yang terkenal dengan TKP yang merupakan singkatan dari Taman Kali Progo.

Masih banyak wisata dan cagar budaya yang ada di Jawa Tengah. Tentu yang lebih dikenal masyarakat luas adalah yang memang sudah terkenal sejak jaman dulu. Misalnya saja  Candi Borobudur, Masjid Agung Demak, Masjid dan Menara Kudus, dan Lawang Sewu. Saya sendiri belum semuanya saya kunjungi. Namun, tidak ada salahnya untuk anda kunjungi. 

Selain beberapa yang sudah saya sebutkan di atas, perlu saya ingatkan bahwa Jawa Tengah mempunyai Pekalongan dengan Batiknya, Cilacap dan Tegal dengan Ngapaknya, Boyolali dengan Sapi Perahnya, Solo dengan Kerajaannya, Gombong dengan Goa Jatijajarnya, Semarang dengan Lawang Sewunya, Magelang dengan Borobudurnya, Sukoharjo dengan Bekas Benteng Karton Kartasura, dan masih banyak lagi..



Yuk Kunjungi Jawa Tengah!!
Temukan Wisata dan Cagar Budaya yang belum pernah anda temukan sebelumnya!!



Sekian. Semoga Bermanfaat!


[Hendri Sulistyo]

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jawa Tengah, Menyimpan Wisata dan Cagar Budaya Yang Beragam"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top