Manfaat Berorganisasi

Contoh Berorganisasi
Organisasi merupakan suatu perkumpulan orang dengan tujuan atau visi misi yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari unsur organisasi. Saya sendiri saat ini masih aktif di organisasi, dan telah purna dari beberapa organisasi. Menurut saya yang terpenting ketika kita berorganisasi adalah totalitas kita pada organisasi tersebut. Karena totalitas tersebut yang akan berpengaruh kedepannya. Secara umum, ada beberapa manfaat yang kita dapatkan setelah bergabung dengan organisasi, dan yang saya tuliskan di bawah ini adalah yang saya dapatkan setelah saya purna dari organisasi.
  1. Kemampuan Bekerja Sama
    Bekerja sama atau sering disebut dengan Teamwork, dari pengalaman saya berorganisasi, saya merasakan bisa bekerjasama dengan orang lain, yang pada dasarnya berbeda latarbelakang.
  2. Kemampuan Berbicara di Depan Orang Banyak
    Pernah saya secara tidak langsung membuktikan kepada diri saya sendiri terhadap poin yang satu ini. Bahwasannya memang dari organisasilah saya bisa bicara di depan orang banyak/publik. Jauh hari sebelum saya bergabung dengan organisasi saya masih grogi ketika harus menghadapi orang banyak apalagi ketika harus berbicara di depan orang banyak, namun setelah saya bergabung dengan organisasi, karena di organisasi sudah terbiasa dilatih untuk berbicara, akhirnya saya bisa membuktikan saya bisa berbicara di depan orang banyak tanpa grogi.
  3. Kemampuan Belajar Memahami Orang lain
    Dalam organisasi tentunya mempunyai banyak pengurus dan anggota organisasi, sehingga mau tidak mau kita harus memahami karakter setiap pengurus yang lain. Hal ini bisa kita lihat ketika dalam suatu forum rapat atau diskusi, yang biasa terjadi adalah pengungkapan pendapat, dari pendapat yang dikemukakan itulah kita akan bisa lihat karakter masing-masing individu. Selain itu pasti lebih banyak yang lebih menentukan karakter orang-orang.
  4. Mempunyai banyak teman/relasi baru
    Suatu organisasi pasti mempunyai tujuan atau visi tertentu. Dan organisasi yang kita ikuti pasti tidak hanya satu-satunya organisasi yang aktif di bidang pendidikan misalnya. Ketika kita mencoba melihat keluar, akan ada organisasi lain yang aktif di biang pendidikan tentunya. Tidak jarang kita mendapatkan undangan untuk megahadiri pertemuan antar organisasi se”bidang” atau dari organisasi dari bidang lain. Dari sinilah kita mendapatkan hal positif dari organisasi. “Mendapatkan banyak teman atau relasi baru” yang belum kita kenal sebelumnya.
  5. Menghadapi pimpinan/instansi tertentu
    Pernah minta tandatangan Kepala Sekolah? Pernah mengajukan proposal ke instansi tertentu untuk sponsorship? Pasti sebagian bisa menjawab pernah. Dari mana lagi kita bisa mendapatkan pengalaman tersebut kalau tidak dari organisasi. Poin ini sebenarnya adalah melatih kita untuk lebih percaya diri, melatih mental kita agar berani menghadapi sosok “orang”.


Berterimakasihlah kepada organisasi yang telah memberikan bonus-bonus tersebut, dan berbanggalah kepada diri kita sendiri karena sudah berani untuk memutuskan bergabung dengan organisasi dengan segala resikonya. Banyak sekali manfaat lain dari organisasi yang tidak tercantum dalam tulisan saya ini, maka dari itu, komentar dari pembaca sangat saya harapkan.
Manfaat lain dari organisasi yang tidak kalah penting adalah :
1)    Management conflict
2)    Time Manage








Penulis
Hendri Sulistyo
Mahasiswa Jurusan Penyiaran Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi) STMM Yogyakarta Angkatan 13
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Berorganisasi"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top