Inilah Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum OSPEK!

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, atau lebih sering dikenal dengan singkatan OSPEK, merupakan kegiatan selama beberapa hari (tergantung kebijakan panitia penyelenggara dan kampus) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih mendalam tentang birokrasi kampus, organisasi, UKM, Studi, dan tentu untuk mengenalkan lingkungan kampus itu sendiri. 

Apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata "OSPEK"? Tentu kebanyakan adalah tidak jauh dengan Penggojlokan Peloncoan, yang dilakukan oleh senior terhadap Mahasiswa Baru (MABA). Dalam konteks ini, sering kali mahasiswa baru ditakutkan dengan penyebutan "Calon Mahasiswa Baru", karena secara umum Ospek menjadi salah satu syarat untuk bisa mempunya gelar "Mahasiswa".

Setiap kampus tentu menerapkan peraturan yang berbeda, mengadakan dengan tema yang berbeda, dengan cara yang berbeda, sehingga menjadikan OSPEK tersebut bisa dikenang oleh mahasiswa kedepannya. Seperti halnya saya pribadi, di kampus saya Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta, ketika saya OSPEK pada tahun 2014, saya bisa menikmati kegiatan tersebut dari awal hingga akhir selama kurang lebih 4 hari. Ciri khas yang saya dapatkan dari Pekan Orientasi Mahasiswa (POSMA), atau sebutan untuk OSPEK di STMM "MMTC", adalah cara penjadwalan setiap materinya sangat bervariatif, sehingga ketika saya mengingat kembali masa-masa POSMA tersebut, saya merasa terkesan.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi OSPEK? Secara umum, karena tujuannya untuk menambah wawasan calon mahasiswa tentang kampus, tidak terlalu banyak yang perlu disiapkan untuk hal itu. Akan tetapi ketika OSPEK dikaitkan dengan penggojlokan atau peloncoan, maka tentu persiapannya pun harus yang lebih. Persiapan Mental dan Fisik, dua hal yang menjadi modal utama ketika anda menghadapi senior. Meskipun pada kenyataanya kita hanya akan serba salah, namun setidaknya mental kita sudah siap. Fisik, karena ketika OSPEK, selama 4 hari, atau mungkin satu minggu penuh, waktu anda akan habis untuk persiapan bekal dan apa saja yang perlu disiapkan, tentu perlu fisik yang siap juga.

Semoga OSPEK anda menyenangkan!!

Demikian artikel tentang Apa Yang Harus Disiapkan Untuk OSPEK?. Semoga bisa menambah wawasan anda, kritik dan saran dari pembaca sangat saya harapkan.
Semoga bermanfaat!



[Hendry Sulistyo]

Apa Yang Harus Disiapkan Untuk OSPEK?
Ospek
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum OSPEK!"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top