Persiapan Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMK N 2 Temanggung tahun 2012/2013

Persiapan Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMK N 2 Temanggung tahun 2012/2013
SMK N 2 Temanggung
Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) atau yang sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS), merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan di Sekolah, mulai dari SMP sampai SMA. Demikian juga yang kami laksanakan di SMK N 2 Temanggung, kami adalah Panitia MOPDB SMK N 2 Temanggung tahun pelajaran 2012/2013. Sesuai dengan  yang telah dijadwalkan dari pihak Sekolah bahwa MOPDB dilaksanakan pada tanggal 16,17,18 Juli 2012, maka kamipun mempersiapkan diri untuk kegiatan MOPDB tersebut.
Awalnya  kami mempersiapkan tentang jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Seperti halnya dengan kegiatan yang lainnya, kami juga mempersiapkan bahan-bahan kegiatan tertulis seperti Proposal misalnya. Lain dari itu, tidak kalah penting juga yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatannya kami persiapkan juga. Jenis-jenis kegiatannya mau seperti apa, mau bagaimana dan lain  sebagainya tentunya menjadi tanggungjawab kami Panitia MOPDB.

Pembentukan kepanitiaan menjadi langkah awal Kegiatan MOPDB ini. Kemudian setelah terbentuk kepanitiaan kegiatan, saatnya membagi tugas dari masing-masing seksi bidang. Ada seksi bidang Acara atau seksi Bidang Kegiatan yang bertanggungjawab penuh atas jadwal kegiatan, jenis kegiatan. Dan seksi bidang lainnya yang tentunya sama pentingnya dengan Seksi Bidang Acara.
Dari beberapa hal yang disampaikan atau dipersiapkan dari seksi Bidang Acara, ada salah satu jadwal yang berkaitan dengan PBB atau baris berbaris. Dengan demikian, dari pihak panitia juga harus menguasai penuh tentang PBB ini. Untuk memastikan bahwa panitia MOPDB bisa melakukan PBB dengan baik, maka kami sepakatkan untuk melaksanakan Latihan PBB selama dua hari. Kurang lebih 8 dan 7 hari sebelum pelaksanaan kegiatan kami melaksanakan latihan PBB tersebut. Dalam setiap pertemuan, kami melaksanakan latihan selama kurang lebih dua jam untuk latihan efektif PBB. Latihan PBB ini kami laksanakan otodidak atau belajar sendiri. Di mulai dari gerakan-gerakan di tempat, gerakan berjalan dan gerakan berubah arah. Apabila waktu masih belum memenuhi dua jam, maka kami ulang lagi dari awal latihan agar kami benar-benar siap mendidik Peserta Didik baru dalam bidang Baris-berbaris. Kemudian sisa waktunya kami gunakan untuk rapat mempersiapkan bagian-bagian dari kegiatan MOPDB tersebut. Pada hari kedua latihan PBB, masih ada sisa waktu beberapa menit dari waktu yang ditentukan. Karena suatu hal yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan latihan PBB, kami putuskan untuk bersih-bersih sekitar lapangan yang dominan kotor karena daun-daun kering yang berjatuhan. Bersih-bersih ini kami laksanakan karena dari kami juga tidak menginginkan suara-suara negatif yang bersangkutan dengan kebersihan lingkungan sekolah. Setelah selesai bersih-bersih, kami melanjutkan dengan rapat panitia MOPDB dan mematangkan kegiatan-kegiatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dan tidak terasa waktu sudah semakin dekat dengan pelaksaan kegiatan. Semoga kita berhasil rekan-rekan Panitia MOPDB SMK N 2 Temanggung 2012. . . . . !!!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Persiapan Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMK N 2 Temanggung tahun 2012/2013"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top