Sosok Guru yang Menjadi Inspirasi Bagi Saya

Inspirasi
=====inspiratif=====
Ketika kita hidup bermasyarakat, atau hidup secara umum. Tentunya kita membutuhkan sosok yang dianggap inspiratif bagi kita. Tak lain dan tak bukan adalah karena sosok inspiratif tersebut kita lebih terarah jalan hidupnya. Dalam beragama Islam, tentunya hal seperti ini sudah diatur. Mencari sosok inspiratif dalam Islam tidak susah lagi, tinggal bagaimana kita mempelajarinya. Kali ini saya tertarik untuk menuliskan tentang sosok guru yang menjadi inspirasi bagi saya. Banyak sekali sosok yang menjadi inspirasi bagi saya, guru, orang tua, saudara, teman, semuanya mempunyai inspirasi tersendiri menurut saya. Akan tetapi, saya terinspirasi sekaligus termotivasi dari sosok guru saya yang satu ini. Berawal dari saya memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMK N 2 Temanggung, tepatnya diprogram studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Awal saya masuk, pengetahuan tentang komputer masih sangat minim. Dari sinilah langkah pertama saya pijakkan. Karena pada dasarnya beliau adalah guru di jurusan saya di TKJ, mengajarkan apa saja yang beliau tau, pasti diajarkan kepada saya dan rekan-rekan di kelas. Selain tatap muka di kelas, beliau sangat sering memberikan jam tambahan untuk belajar-dan terus belajar. Satu poin yang saya ambil di sini adalah kegigihan beliau, mengajarkan, sekaligus memberikan contoh bagi anak didiknya agar terus belajar. Memberikan contoh nyata bahwa belajar itu tidak ada batasan umur dan waktu. Lalu apalagi yang menjadi inspirasi dari beliau? Setiap tatap muka di kelas, tidak ada satu jam pelajaran tanpa tertawa. Mungkin ini menjadi salah satu trik atau ciri khas ketika beliau mengajar, intermezzo, bercandaan hanya untuk merefresh otak saja. Karena materi yang diberikan beliau tidak jarang membuat kami (siswa) pusing. Itu sedikit inspirasinya. Masih ada lagi yang di luar jam pelajaran, atau di sela-sela jam pelajaran. Selalu beliau sisipkan motivasi, atau cerita yang sangat bermanfaat. Poin-poin lain yang saya dapatkan adalah :
  1. Mendalami ilmu agama itu penting, 
  2. Mengajarkan saya pentingnya kesederhanaan, 
  3. Kejujuran,
  4. Totalitas dalam semua hal,
  5. Ketika berargumen, gunakan alasan yang logis,
  6. Jangan takut untuk berpendapat, 
  7. Jangan malu untuk bertanya, meskipun dengan adik kelas, 
  8. Teruslah berinovasi,
Masih banyak lagi tentunya inspirasi-inspirasi dari beliau. Bahkan sampai saat ini, beliau masih menjadi sosok guru yang menjadi inspirasi bagi saya, masih sama dengan poin yang di atas bahwa untuk belajar itu tidak ada batasan waktunya. Motivasi tersendiri bagi saya untuk terus belajar. Beliaulah Agung Sulistyo, Semoga Sukses dan selalu menjadi inspirasi bagi saya dan orang banyak :D




[Hendry Sulistyo]





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Sosok Guru yang Menjadi Inspirasi Bagi Saya"

Aku juga, meski beda jurusan. :)

Iya kakak :)
Alhamdulillah ya...

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top